twitter
rss

Sebentar lagi, tahun ajaran 2012/2013 akan berakhir. Oleh sebab itu, kini pemerintah tengah sibuk untuk mempersiapkan kelanjutan sekolah anak Papua. Sebanyak 500 orang siswa lulusan SMP di Papua mendapat  jatah  beasiswa, dimana masing-masing   350 siswa untuk Papua dan 150 siswa untuk Papua Barat, untuk dapat menempuh pendidikan SMA/SMK terbaik di Provinsi Banten, Jawa Barat, DI Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Bali. Proses penjaringan siswa penerima  beasiswa dilakukan mulai tanggal  16 Mei 2013 oleh Dinas Pendidikan masing-masing Kabupaten.
Program afirmasi ini merupakan arahan langsung dari Presiden SBY. Di tahun pertama program ini, diharapkan dapat berjalan dengan lancar dalam rangka memberikan pelayanan pendidikan khusus kepada anak-anak Papua.
Sebelumnya, UP4B mengusulkan untuk memberikan kursi pendidikan tersebut untuk 1.000 anak Papua. Namun tahun ini baru dapat terealisasi sebanyak 500 orang.
Ketua UP4B Bambang  Darmono, berharap dalam tahun depan jumlah siswa yang menerima beasiswa bisa bertambah. Untuk program ini beasiswa termasuk biaya sekolah (tuition fee) serta biaya transportasi dari Jayapura menuju sekolah tujuan di Jawa dan Bali.
Adanya perhatian dalam hal peningkatan pendidikan dari Pemerintah Pusat, merupakan harapan besar dari masyarakat Papua. Oleh sebab itu, diharapkan bagi penyelanggara untuk tidak melakukan korupsi atas biaya pendidikan yang akan digunakan oleh anak Papua yang mendapat beasiswa tersebut. Karena, selama ini yang terjadi di Papua adalah berapa besarpun dana yang diberikan tidak dapat membangun Papua. Hal itu disebabkan oleh korupsi dari pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

source by : kompasiana.com

0 komentar:

Posting Komentar